Image

Tentang Kami

Membaca adalah sebuah substansi utama dari proses belajar karena hal tersebut merupakan awal mula ilmu dapat berkembang dan diaplikasikan. Membaca juga dapat memengaruhi kualitas diri seseorang. Semakin baik kualitas literasi seseorang, maka akan meningkatkan kualitas substantif lain, seperti :

 

  1. Wawasan pengetahuan, kebijaksanaan, dan intelektualitas
  2. Kemampuan komunikasi, berbahasa, dan menulis
  3. Daya berpikir kritis, logis, dan cerdas (reasoning)
  4. Daya imajinasi dan kreativitas.
  5. Daya ketekunan dan kesabaran.
  6. Daya kontemplasi.
  7. Daya empati dan budi.

 

Untuk itu Lite Up hadir dengan mempertimbangkan beberapa aspek yang berpengaruh terhadap kualitas literasi, diantaranya : 

Harga buku yang secara umum di rasa masih terlalu tinggi dibanding dengan kemampuan daya beli masyarakat kita.
Buku-buku yang baik dan berkualitas umumnya hanya tersedia di kota-kota besar dan kurang tersebarkan secara merata ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia.
Kurikulum pendidikan umum di Indonesia yang belum cukup intensif memberikan porsi dalam hal pengembangan kualitas literasi anak didik.
Jumlah perpustakaan yang ada di tengah masyarakat kita masih dirasa sangat kurang serta menghadapi beragam keterbatasan seperti dana mapun akses untuk dapat menghadirkan koleksi buku yang baik dan lengkap.
Dalam aspek yang lain para penerbit pun memiliki keterbatasan dalam hal skala ekonomi untuk bisa mencetak dan menyebarluaskan buku-buku mereka dengan merata keseluruh Indonesia dengan biaya yang masih terjangkau oleh masyarakat.
Maraknya penggunaan internet dan sosial media di kalangan generasi muda yang menyebabkan mereka saat ini lebih memilih cara-cara instan dalam belajar serta menyerap ilmu pengetahuan dan informasi.